Selasa, 24 November 2009

Kucing di Iowa Terserang Flu Babi

http://static.liputan6.com/200911/091106ckes_kucing.jpg

Kucing di Iowa Terserang Flu Babi

Liputan6.com, Iowa: Departemen Pertanian Amerika Serikat dan Iowa State University College of Veterinary Medicine di Ames, Iowa, AS, mengonfirmasi bahwa seekor kucing telah tertular virus H1N1 atau flu babi. Sebelumnya, pemilik kucing yang berusia 13 tahun mengalami gejala flu. Demikian diwartakan USA Today, Rabu (4/11).

Juru bicara Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Tom Skinner mengatakan, kemungkinan ini merupakan kasus flu babi pertama yang melibatkan kucing atau anjing. Gejala-gejala yang terlihat pada kucing itu di antaranya lesu, sulit bernapas, dan hilang nafsu makan.

Menurut Skinner, meskipun influenza diketahui bisa menular antarspesies, ternyata sebelumnya baru menyerang burung dan musang. Bahkan, sudah banyak dokter hewan yang mengatakan kepada kliennya, sangat kecil kemungkinan terjadi penularan dari manusia ke kucing dan anjing atau pun sebaliknya. Namun, kasus kali ini merubah anggapan itu.

Untuk melindungi binatang peliharaan Anda, para ahli menyarankan untuk melakukan tindakan yang sama seperti pencegahan penyebaran flu antarmanusia. Di antaranya dengan mendapatkan vaksin, mengenakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan.(IRN/SHA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut